Selasa, 03 April 2012

Dasar-dasar elektronika

     Dalam kehidupan sehari-hari baik kita sadari atauupun tidak kita telah berkecimpung dengan yang namanya alat-alat elektronik misalnya saja radio, televisi, telephon, dan masih banyak yang lagi. Di dalam semua alat elektronik tersebut terdapat komponen dan juga hardware yang berguna untuk kelancaran pengoperasian dan kerja alat tersebut. Komponen dan hardware akan dibahas secara singkat.




KOMPONEN DAN HARDWARE 
1. LED (Light Emiting Deoda)
           LED merupakan dioda yang merupakan komponen elektronika yang seringkali digunakan untuk suatu tampilan. LED merupakan satu bagian dari dioda yang berbendar (mengeluarkan cahaya) dan mempunyai dua kaki yang terdiri dari anoda dan katoda.
           Menurut Wikipedia Ensiklopedia LED adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala seperti ini termasuk bentuk elektroluminesensis. Warna yang dihasilkan oleh LED tergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai.

2. Resistor (hambatan)
         Resistor merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menghamat arus. Komponen ini mempunyai gelang-gelang yang digunakan untuk menentukan nilainya. Cara menghitung nilainya yaitu dengan melihat warna pada gelang-gelangnya. 



Nilai kode warna pada komponen resistor



Tidak ada komentar:

Posting Komentar