Sabtu, 29 September 2018

Pengaruh Teh untuk Anak-anak

     Hai bun, sebenarnya boleh tidak kalau anak-anak dikasih minum teh. Pasti ada bunda yang pernah bertanya-tanya seperti saya. Karena rasa penasaran itu saya banyak membaca dan yang saya temukan adalah teh tidak baik bila di konsumsi anak secara berlebihan.
     
Bunda penasaran bukan kenapa teh tidak baik untuk anak? Karena teh mengandung zat tanin dan kafein. Tanin dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan gangguan penyerapan zat besi dan kalsium dalam usus. Gangguan penyerapan zat besi dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia.      Sedangkan kalsium merupakan mineral dalam susu yang berperan penting untuk pertumbuhan tulang gigi pada anak.Selain itu tanin juga dapat menyebabkan gangguan buang air besar akibat terhambatnya pengeluaran cairan pencernaan.
       Kafein merupakan suatu zat stimulan yang dapat mempengaruhi kerja sistem syaraf pusat, dan dapat menyebabkan gangguan tidur pada orang dewasa, anak, maupun bayi(termasuk bayi yang disusui oleh bunda yang mengkonsumsi minuman berkafein), sakit kepala, gangguan mood, dan iritabilitas(rewel).
  Kafein juga bisa meningkatkan produksi urine(buang air kecil) yang secara tidak langsung dapat menurunkan kadar elektrolit natrium dan kalium dalam darah, dan dapat meningkatkan dehidrasi pada cuaca panas.
    Nah, buat bunda yang anaknya masih suka minum teh kalau bisa di kurangi ya bun. Oh ya bun, kafein itu ternyata ngak cuma ada di teh lho. Minuman lain yang mengandung kafein antara lain kopi, minuman soda, dan coklat yang manis yang banyak bunda-bunda suka ternyata juga mengandung kafein. 
        Ternyata setiap yang kita konsumsi ada plus dan minusnya, kita hanya bisa berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan setiap harinya. Yang kekurangan jelek, yang kebanyakan juga ngak baik. Semoga bisa bermanfaat buat bunda-bunda semua. Salam hangat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar